Senin, 02 Januari 2012

Proll Tape ala Natya's Snack



Bicara tentang makanan yang bernama Proll tape membuatku Ingat kejadian sekitar setahun yang lalu ketika membawa proll tape buat oleh-oleh keluarga diJepara. waktu itu mencoba salah satu resep hasil browsing dan hanya dikira-kira sepertinya cukup enak dengan komposisi bahan yang dipakai. Ketika si proll tape dicicipi Eyang Buyut nya Dharma ternyata menerima complain kalau si proll tape dirasa terlalu manis. Memang siy Eyang Buyut nya Dharma ini ga bisa bohong soal rasa untuk makanan yang benar-benar enak atau yang layak kena complain dan aku pikir mungkin memang ada benarnya kalau proll tapeku terlalu manis. Setelah itu untuk berapa lama berhenti yang namanya nge baking proll tape *bukan ngambek lho*

Sampai beberapa waktu yang lalu dari hasil browsing ketemu satu resep dari saji yang menambahkan kentang untuk resep proll tapenya. Membayangkannya saja menurutku sangat menarik perpaduan rasa antara tape singkong yang manis dengan kentang sebagai pemberi rasa gurih selain santan dan telur. Langsung dech itu resep aku cobain dan selalulah Papanya Dharma yang jadi tukang cicip pertamanya(sekarang lebih kritis lho menilai rasa makanan). 

Menurut Papanya Dharma si proll tape kentang ini rasanya enak dan layak dikomersilkan (lha iyalah emang tujuannya mau dijual :-p ). Alhamdulillah si proll tape ini lumayan laris dan sempat jadi salah satu isi snack box yang dipesan tetangga untuk acara dirumahnya.

Satu resep ini bisa dipanggang dengan loyang ukuran 20x20x4cm, tapi untuk isi snack box, proll tape sengaja aku cetak dicetakan Pai biar lebih rapi dan enak dilihat.

Resep proll tape ala Natya's Snack ini diambil dari saji dengan beberapa perubahan pada komposisi/takaran bahan yang dipakai terutama pemakaian gula, karena adakalanya tape singkongnya sendiri bisa dapat yang manis atau kurang manis. 
  
 Proll Tape ala Natya's Snack

300gr tape singkong, dihaluskan
150gr Kentang kukus,haluska
150gr gula pasir (boleh dikurangi kalau terlalu manis)
1/2sdt garam 
3btr telur
25gr tepung terigu protein sedang
150ml santan dr 1/2btr kelapa
50gr margarine, dilelehkan
25gr kismis,dipotong-potong
1 kuning telur utk olesan
  
 Cara Membuat:
 1. Remas-remas tape singkng,kentang dan gula pasir juga garam sampai larut. masukkan telur aduk rata.
 2. Tambahkan tepung terigu,aduk rata. masukkan santan dan margarine leleh. tambahkan kismis,aduk rata.
 3. Tuang diloyang 20x20x4 yang sudah dioles margarine dan dialasi kertas roti.
 4. Oven 25menit dengan suhu 180' celsius. olesi kuning telur kemudian oven lagi selama 10menit dengan suhu yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar